Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri bagi Penulis Pemula

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri bagi Penulis Pemula


1. Mulai Menulis
This is the most important. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri ialah mulai menulis. Kenapa? Karena bagaimana kita bisa meningkatkan rasa percaya menulis jika kita belum memulai untuk menulis. Jika kita ingin meningkatkan rasa percaya diri dalam menulis, berarti aktivitas yang harus kita lakukan ya cuma menulis.

2. Kebalkan mental
Ini juga gak kalah penting, jangan kira menjadi penulis gak ada bebannya, apa pun hal yang kita lakukan, akan selalu ada yang namanya batu kerikil sandungan. Jatuh gagal itu pasti ada, ujian-ujian itu pasti ada. Maka itu, kita harus kebalkan mental. Namun, bukan karena kalian tahu akan ada ujiannya, kalian gak mau mencoba. You'll never know if you never try! Perkataan orang-orang itu gak perlu diambil pusing, didengar boleh, masukan yang baik diambil, ejekan yang buruk jadikan motivasi kalau kita bisa berbuat yang terbaik untuk menutup ejekan-ejekan mereka. 

3. Mulai dari Hal Kecil
Mulai dari hal kecil, contohnya menulis caption, diary, quotes, puisi, dsb. Nah, kalau ada yang tanya, "Kak, gimana bisa nulis kalau idenya gak ada?" Itu pertanyaan yang bisa dibilang gak masuk logika walau terkadang benar adanya. Kadang aku juga sering bilang, lagi gak ada ide. Padahal kalau mau kita sadari, ide itu selalu ada di sekitar kita. Apa yang kita rasa adalah inspirasi terbesar dari diri sendiri, kita gak perlu cari jauh-jauh, terkecuali misalnya kalian mau mencoba hal baru yang di luar diri kalian. 

4. Break Your Limit, Berani untuk Menembus Zona Nyaman
Berani memulai, harus berani bertanggung jawab.
"Kak, kenapa harus menembus zona nyaman, kalo di posisi ini aku udah merasa nyaman-nyaman aja?"
Gak selamanya klian akan berada di posisi yang sama, makanya kalian harus berani untuk menembus zona nyaman. Kita harus berani mencari dan mencoba hal-hal baru. Untuk apa? Untuk mendapatkan hal yang baru juga. 
Contohnya kayak diri aku sendiri nih ya
Biasanya, aku tuh paling malas gitu mau bikin yang panjang-panjang. Jadi, selama ini aku lebih sering menulis puisi, ikut event pun puisi, kalo lihat flyer tulisnya lomba cerpen itu aku langsung skip. Tapi, aku sadar, kalau aku cuma berdiri diam di sana, ya selamanya aku cuma bisa nulis puisi. Aku memberanikan diri menchallange diri, menembus zona nyaman, yaitu menulis novel. And see, i have deserve it! Karena di setiap kita menembus batas nyaman kita, kita akan selalu mendapatkan banyak hal baru. 

5. Menulis untuk Diri Sendiri
Kita menulis untuk diri sendiri, jadi komentar yang bisa menjatuhkan kita untuk berhenti itu bukan tanggung jawab kita. Kita hanya akan bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri, terhadap apa yang kita mulai, terhadap apa yang kita lakukan. Tapi ingat, di sini kita harus bisa membedakan mana yang masukan dan mana yang ejekan. Masukan yang positif kita jadikan jembatan untuk kita menjadi lebih baik. Karena kita menulis, walaupun untuk diri sendiri, pastinya tulisan kita akan dibaca orang lain, kan? Kecuali kamu cuma nulis di buku tanpa pernah diposting. Apa pun itu, menulislah!

6. Ingat Tujuan Awal Kamu Menulis
Di saat kamu gak percaya diri, dan rasanya ingin menyerah. Ingat lagi! Apa tujuan awal kamu menulis. 

7. Percayalah bahwa Setiap Tulisan Akan Selalu Menemukan Pembacanya
Kalian harus percaya kalau setiap tulisan akan selalu menemukan pembacanya, yang pastinya juga didorong oleh doa dan usaha. Usaha bagaimana, Kak? Kalau kalian nulis di wattpad, salah satunya itu rajin update, konsisten, gak lupa dibarengi dengan promosi. Kalau kalian rajin update, tidak ada yang tidak mungkin kalian bisa mengalahkan tulisan-tulisan bagus yang lama updatenya. Benahi tulisan kalian, minta saran dan pendapat dari orang sekitar, karena tulisan yang baik selalu dibangun dari berbagai masukan. It's call as grow.

8. Perbanyak Membaca
Tidak bisa dipungkiri kebenarannya. Penulis yang baik selalu berasal dari pembaca yang baik. Karena dengan membaca kita bisa mendapatkan ilmu dan berbagai macam variasi-variasi baru. Hari ini mungkin kalian baca ceritanya si A, kalian pasti dapatkan hal baru dari si A yang gak ada di B. Begitu juga sebaliknya. Setiap penulis punya karakteristiknya masing-masing dalam menulis. Gak ada alasan gak punya uang untuk beli buku, sekarang zaman udah canggih banyak platform yang menyediakan fitur gratis untuk membaca, misalnya wattpad, noveltoon, kwikku, KBM, mangatoon, dreame, dsb. Manfaatkan baik-baik!

Komentar

  1. Wahhh terima kasih kak sangat memotivasi dan menginspirasi sekali.. saya juga baru sadar klo kita tdk keluar dr zona nyaman kita tdk tdk pernah berkembang..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Senja ~ Di negeri singa

Puisi Pelangi

Karya Ilmiah Terbaru 2017 Tentang Pengaruh Media Sosial terhadap Remaja & Generasi Muda

PUISI UNTUK GURU TERSAYANG >> TERBARU 2017